Mendag Zulhas: Ekspansi Ekspor Bisa Melalui Kerja Sama dengan ITPC

 Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menerima kunjungan Shopee Indonesia di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta/Ist
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menerima kunjungan Shopee Indonesia di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta/Ist

Pelaku usaha bisa melakukan kerja sama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) untuk mengembangkan ekspor. Dengan tersebarnya ITPC di seluruh dunia diharapkan pelaku usaha dapat memperkuat jaringan dengan pembeli di luar negeri.


Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menerima kunjungan perwakilan Director and Country Head Indonesia SEA Group, Kiky Hapsari dan Head of Government Relations Shopee International Indonesia, Balques Manisang.

Menteri yang karib disapa Zulhas itu, menyampaikan, Shopee Indonesia bisa bekerja sama dengan ITPC yang tersebar di seluruh dunia untuk mengembangkan ekspor.

"Khususnya dengan target yang dimiliki Shopee, yaitu kenaikan jumlah penjual ekspor di Shopee hingga 500 ribu pada 2030 yang pada tahun ini berjumlah 200 ribu,” kata Zulhas dalam keterangannya, Jumat (11/8).

Pada pertemuan itu, Kiky Hapsari mengatakan bahwa Shopee Indonesia memiliki media pembinaan ekspor usaha mikro, kecil,dan menengah (UMKM) bernama Kampus UMKM Shopee.

“Platform e-commerce Shopee memungkinkan penjualan lintas negara (cross border). Untuk itu, kami berharap Kemendag dapat membantu Shopee Indonesia mengembangkan ekspor,” katanya.

Pada akhir pertemuan, Shopee Indonesia mengundang Mendag Zulhas untuk menghadiri program Shopee, yaitu, Mari Kita Ngobrol Santai Bareng UMKM (MARKAS) Edisi Kemerdekaan. Program ini akan disiarkan langsung di kanal Shopee Live.